Rabu, 12 Oktober 2011

Thread

Thread adalah alur kontrol dari suatu proses. Sering juga disebut dengan lightweight process Merupakan unit dasar dari penggunaan CPU, yang terdiri dariThread_ID, program counter, register set, dan stack. Sebuah thread berbagi code section, data section, dan sumber daya sistem operasi dengan Thread lain yang dimiliki oleh proses yang sama. Terdapat 2 jenis thread, yaitu (Single-threading)
Sebuah proses tradisional atau heavyweight process mempunyai thread tunggal yang berfungsi sebagai pengendali. sedangkan (Multi-threading) adalah Sebuah proses dengan thread yang banyak dan mengerjakan lebih dari satu tugas pada satu satuan waktu.
Contohnya sebuah web browser mempunyai thread untuk menampilkan gambar atau tulisan sedangkan thread yang lain berfungsi sebagai penerima data dari internet

Jumat, 07 Oktober 2011

RIM Naik Peringkat secara Global

Secara global penjualan ponsel pintar smart phone menjadi 54,3 juta unit, mengalami peningkatan sebesar 49 persen dibandingkan tahun lalu. Peningkatan signifikan tersebut tak lepas dari kontribusi penjualan BlackBerry, iPhone, dan ponsel-ponsel berbasis OS Android. Peningkatan signifikan tersebut tak lepas dari kontribusi penjualan BlackBerry, iPhone, dan ponsel-ponsel berbasis OS Android. Angka tersebut merupakan penelitian terbaru dari Gartner.

Dalam perhitungan kuartal I tahun 2010, pencapaian prestasi penjualan Research In Motion (RIM) menyita perhatian berbagai kalangan pengamat ponsel pintar. Penjualan RIM yang fantastis telah menggeser posisi Sony Ericsson dan Motorola dan kini bertengger di posisi keempat secara global, di bawah Nokia, Samsung, dan LG. Dengan jumlah penjualan handset BlackBerry yang naik sebanyak 3,4 juta unit pada kuartal pertama, dari 7,2 juta unit di tahun 2009 menjadi 10,6 juta unit di tahun ini. Dari pencapaian tersebut, ponsel yang tengah naik daun ini menguasai 3,4 persen pangsa pasar.

Pencapaian ini menempatkan BlackBerry persis di bawah LG, yang berhasil meluncurkan sekitar 27,2 juta unit ponsel tahun ini, meningkat 600 ribu dari 26,6 juta unit tahun lalu. Dalam kuartal pertama tahun ini, LG sukses mempertahankan 8,6 persen pangsa pasar global.
Dengan pencapaian yang sangat menakjubkan ini dapat dikatakan bahwa BlackBerry telah berhasil menunjukkan pernyataannya yang dahulu, bahwa BlackBerry akan tetap bertahan di pasar smartphone, dan pelanggan dari BlackBerry tidak akan berpaling ke smartphone lain. Semua ini merupakan hasil dari usaha RIM untuk terus memenuhi permintaan dari pelanggan dengan teknologi yang semakin canggih. Hal ini dapat dilihat dari handphone terbaru RIM yang semuanya dipasangi dengan teknologi 3G, seperti BlackBerry 9700, BlackBerry Pearl 3G, dan BlackBerry Storm 2.

Di samping itu RIM juga memberikan tampilan baru pada satu tipe handsetnya yaitu BlackBerry 8520 dengan menampilkan 4 (empat) warna baru pada handset tersebut. Walaupun BlackBerry Gemini tidak dilengkapi dengan teknologi 3G, tetapi Gemini merupakan handset BlackBerry dengan harga yang terjangkau, sehingga tampilan baru tersebut tetap akan menarik perhatian konsumen dalam jumlah yang tidak sedikit.
(http://smartphoneindonesia.blogspot.com/2010/05/rim-naik-peringkat-secara-global.html)

Masalah Lahar Parkir Motor Universitas Gunadarma

Pada awal masuk kuliah pertama semester 7 kebetulan saya dapat dikampus E kelapa dua. Seperti biasa saya berangkat dengan menggunakan motor pribadi saya, dan kebetulan saya agak terlambat. Ketika sampai dikampus E saya melihat bermacam-macam jenis manusia yang berkepala botak untuk Mahasiswa laki-lakinya, dan pikiran saya langsung teralih ke bagaimana keadaan parkir motor dikampus ini? sebelum sampai diparkiran motor berbagai jenis motor sudah banyak terpakir didepan gedung (bukan parkiran) dan dari sini mulai terpikirkan masalah dengan parkiran motor di kampus gunadarma ini. Saya sendiri pun pusing memikirkannya, namun satu-satunya solusi adalah ketertiban mahasiswa itu sendiri untuk menata dengan rapih motor yang diparkir masing-masing.

Android akan menggeser kehadiran Blackberry?

Pesaing Research In Motion, produsen smartphone BlackBerry asal Kanada ini serasa tidak pernah berkurang. Dari iPhone milik Apple yang merupakan saingan besar dari BlackBerry, sampai pada ponsel Android yang baru belum lama ini muncul di pasar dan mengklaim akan menyingkirkan posisi BlackBerry sebagai raja smartphone, terutama untuk di Indonesia.

Sepak terjang Android di pasar telepon seluler memunculkan berbagai issue tentang kemungkinan berpalingnya pengguna BlackBerry Indonesia ke ponsel Android yang menurut para analis dinilai lebih unggul dari smartphone BlackBerry, baik dari software yang digunakan maupun aplikasinya yang lebih menarik. Maka dari itu serbuan ponsel Android diprediksi akan menjadi ancaman bagi pasar BlackBerry di Indonesia dan RIM harus memiliki persiapan yang lebih untuk dapat tetap bertahan.
Pernyataan dari Gregory Wade, Regional Vice President Asia Pacific RIM tentang berita ini terdengar sangat percaya diri, melihat pesaing baru yang sangat kuat ini RIM justru mengaku tidak takut, bahkan menyambut persaingan terbuka ini, mereka siap untuk berkompetisi dengan pesaing baru ini. Menurut Greg, BlackBerry bukan sekadar handset saja, namun lebih tepatnya adalah platform end-to-end atau layanan menyeluruh. Mulai dari infrastruktur back-end, sistem operasi dan services, kemitraan dengan operator, hingga aplikasi terintegrasi semisal BlackBerry Messenger. Semuanya ini di tawarkan oleh RIM dalam satu solusi handset yang aman dan bisa diandalkan, 'the BlackBerry experience', dan itulah yang membuat BlackBerry berbeda sehingga RIM yakin pelanggan BlackBerry Indonesia akan tetap setia.

Bahaya lain yang menjadi ancaman untuk pasar BlackBerry Indonesia selain dari aplikasinya yang menarik, harga dari ponsel Android yang relatif lebih murah dari BlackBerry, serta disediakan oleh banyak vendor, seperti HTC, Motorola, Samsung, LG, Sony Ericsson, dan lain-lain. Harga dari ponsel-ponsel Android tersebut berkisar antara Rp 2 jutaan. Persaingan harga memang merupakan sebuah tantangan yang sulit untuk dielakkan, maka tidaklah mengherankan jika BlackBerry Onyx, penerus BlackBerry Bold 9000, mulai turun harga. Penurunan harga ini diduga merupakan langkah untuk dapat tetap bersaing dengan ponsel Android.
(http://smartphoneindonesia.blogspot.com/2010/05/android-pesaing-baru-blackberry.html)

Seagames diancam Kabut Asap

Menjelang SEA Games XXVI, yang akan digelar di Jakarta dan Palembang, penyelenggara tak hanya sibuk menyiapkan lokasi pertandingan tepat waktu. Mereka juga harus 'bertempur' mengatasi kabut asap hasil kebakaran hutan dan lahan di Sumatera. 
Kemenko Kesra sudah menyusun tiga langkah antisipasi kabut asap yang bisa menggangu jarak pandang itu. Pertama, posko-posko digiatkan, Bakosurtanal menyiapkan peta rupa Bumi dengan 3 radius. Dari radius tersebut, posko akan melakukan pemantauan di mana titik panas agar dapat segera ditanggulangi.

Kedua, operasi hujan buatan lebih digencarkan mumpung masih ada awan. Yang ketiga, disiagakan juga pesawat pembom air di udara. " "Supaya menjelang dan setelah pelaksanaan SEA Games, operasi pemboman air dapat dilaksanakan, termasuk juga menggunakan helikopter," kata Sekretaris Kemenko Kesra, Indroyono Soesilo, di Jakarta, 4 Oktober 2011.
Ia juga memaparkan perkembangan operasi penanggulangan kebakaran lahan dan hutan di seluruh Indonesia, khususnya di Sumatera Selatan. "Operasi telah berjalan baik, baik operasi hujan buatan, pemboman air dari udara, dan pemadaman hutan di darat. Hasilnya sudah dapat terlihat, titik panas sudah menurun secara drastis," ungkap Indroyono.

Berdasarkan laporan hari ini, kata dia, jarak pandang di Palembang sudah 10 kilometer. "Harapan kami mendekati 11 November, asap sudah sangat berkurang di Sumatera Selatan supaya kita bisa bersama-sama melaksanakan SEA Games sebaik-baiknya," ujarnya.

Indroyono menungkapkan pada minggu ketiga Oktober diperkirakan hujan sudah mulai turun di wilayah Sumatera Selatan dan di Selatan Jawa. Sehinga, titik-titik api bisa dipadamkan.

SEA Games XXVI akan dilaksanakan di Jakarta dan Palembang pada 11 hingga 22 November mendatang. Sebanyak 43 cabang olahraga dan 545 nomor pertandingan diperlombakan pada ajang tersebut. (ren)
(http://nasional.vivanews.com/news/read/252646-jelang-sea-games--operasi-bom-air-digiatkan)

DPR vs KPK

entah sampai kapan wakil rakyat kita terus melakukan ulah seperti tikus yang sedang kelaparan. Mengambilo uang rakyat dan mengamburkannya dengan yang tidak perlu. Sedikit lega dengan adanya KPK, komisi pemberantasan korupsi yang tentunya musuh besar dari DPR. Mereka terus bekejar-kejaran bagai kucing mengejar tikus. Pertentangan untuk bubarnya KPK bukan berita taboo lagi didunia politik kita. Dewan DPR yang tidak mau ketahuan tindak korupsinya berorasi untuk meminta KPK diburkan, sangat klasik dan anak kecil sekali bukan. Tentunya kita sebagai warga negara harus bekerja sama dengan KPK untuk membantas korupsi yang sudah mendarah daging di DPR yang "katanya" dewan perwakilan rakyat.

Rabu, 05 Oktober 2011

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DI INDONESIA

Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, pendidikan, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan. Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan, dan teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat disebar dan diakses secara global. Peran yang dapat diberikan oleh aplikasi teknologi informasi dan teknologi komunikasi ini adalah mendapatkan informasi untuk kehidupan pribadi seperti informasi tentang kesehatan, hobi, rekreasi, dan rohani. Kemudian untuk profesi seperti sains, teknologi, perdagangan, berita bisnis, dan asosiasi profesi. Sarana kerjasama antara pribadi atau kelompok yang satu dengan pribadi atau kelompok yang lainnya tanpa mengenal batas jarak dan waktu, negara, ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor lainnya yang dapat menghambat pertukaran pikiran. Perkembangan teknologi informasi dan teknologi komunikasi memacu suatu cara baru dalam kehidupan, dari kehidupan dimulai sampai dengan berakhir, kehidupan seperti ini dikenal dengan e-life, artinya kehidupan ini sudah dipengaruhi oleh berbagai kebutuhan secara elektronik. Dan sekarang ini sedang semarak dengan berbagai huruf yang dimulai dengan awalan e- seperti e-commerce, e-government, e-education, e-library, e-journal, e-medicine, e-laboratory, e-biodiversitiy, dan yang lainnya lagi yang berbasis elektronika. EVOLUSI EKONOMI GLOBAL 1. Ekonomi Agraris, sampai dua ratus tahun yang lalu ekonomi dunia bersifat agraris dimana salah satu ciri utamanya adalah tanah merupakan faktor produksi yang paling dominant. 2. Ekonomi Industri , sesudah terjadi revolusi industri, dengan ditemukannya mesin uap, ekonomi global ber-evolusi ke arah ekonomi industri dengan ciri utamanya adalah modal sebagai faktor produksi yang paling penting. 3. Ekonomi Informasi, saat ini, manusia cenderung menduduki tempat sentral dalam proses produksi, karena tahap ekonomi yang sedang kita masuki ini berdasar pada pengetahuan (knowledge based) dan berfokus pada informasi (information focused). Dalam hal ini telekomunikasi dan informatika memegang peranan sebagai teknologi kunci (enabler technology). Kemajuan teknologi informasi dan telekomunikasi begitu pesat, sehingga memungkinkan diterapkannya cara-cara baru yang lebih efisien untuk produksi, distribusi dan konsumsi barang dan jasa. Proses inilah yang membawa manusia ke dalam Masyarakat atau Ekonomi Informasi. Masyarakat baru ini juga sering disebut sebagai masyarakat pasca industri. Apapun namanya, dalam era informasi, jarak fisik atau jarak geografis tidak lagi menjadi faktor dalam hubungan antar manusia atau antar lembaga usaha, sehingga jagad ini menjadi suatu dusun semesta atau “Global village”. Sehingga sering kita dengar istilah “jarak sudah mati” atau “distance is dead”, yang makin lama makin nyata kebenarannya. Dalam kehidupan kita dimasa mendatang, sektor teknologi informasi dan telekomunikasi merupakan sektor yang paling dominan. Siapa saja yang menguasai teknologi ini, maka dia akan menjadi pemimpin dalam dunianya.
(http://wijayalabs.wordpress.com/2008/03/08/perkembangan-teknologi-informasi-di-indonesia/)

Menjadi Manajer, Apakah Mungkin?

Bagi mahasiswa yang berkuliah dengan berbasis ilmu Komputer, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Manajerial tidak lah tidak mungkin untuk menjadi seorang manajer. Segala sesuatu bisa terjadi jika anda rajin dan mempunyai kemauan yang tinggi.
Namun rajin pun belum cukup, seorang manajer harus mempunyai aspek softskill dan hardskill yang memadai. Tentunya untuk hardskill kita harus menguasai ilmu dibidang yang kita pelajari tersebut, sedangkan untuk softskill kita harus mempunyai integritas yang tinngi, kemampuan berbicara didepan publik, dapat bekerja sama dengan sesama pekerja, mudah bergaul, bisa menghasilkan keputusan yang cepat dan bijak. jika anda sudah mempunyai kriteria seperti itu dijamin anda akan mudah untuk menjadi seorang Manajer!.  

Korupsi didalam Perekonomian Indonesia Beserta Dampaknya

indonesia merupakan negri yang kaya raya, namun tidak semua kekayaan alam indonesia yang sudah diolah maupun belum, tidak dapat dinikmati oleh masyarakat. Hal ini berdampak buruk bagi   angka kemiskinan di Negri ini. 
kemiskinan bukan hanya disebabkan karna hasil alam Negri ini yang tidak merata, namun berbagai kasus korupsi yang menyebabkan ketidak merataannya uang yang harusnya untuk disubsidi ke masyarak miskin tidak sampai ketargetnya.
dampaknya sangat banyak khususnya bagi rakyat miskin yang harusnya ditanggung oleh pemerintah. Rakyat tersebut tidak dapat menikmati hasil dari subsidi oemerintah karena sebelumnya sudah disunting atau dikorupsikan oleh wakil-wakil rakyat itu sendiri. oleh karna itu jangan lah terlalu berbangga kepada negri yang masih dikuasai oleh tikus-tikus jahat berdasi...

Kekerasan Dalam Dunia Pendidikan

PERISTIWA kekerasan yang kerap terjadi di dunia pendidikan dinilai sebagai warisan masa lalu. Kekerasan itu sudah menjadi kultur yang hingga kini masih bertahan di dunia pendidikan Indonesia.

“Memang kultur kekerasan itu belum hilang dalam dunia pendidikan, termasuk di sekolah kedinasan seperti STPDN, IPDN, dan seterusnya,” kata Koordinator Kontras Usman Hamid, di Jakarta, Kamis (22/9).

Usman menyampaikan hal itu menanggapi peristiwa pengeroyokan siswa SMAN 6 Jakarta terhadap wartawan pada Senin (19/9).

“Berdasarkan informasi yang kami himpun, tradisi tawuran dan kekerasan di SMAN 6 Jakarta sudah berlangsung sejak 1980-an.”

“Karena itu, perlu dipikirkan solusinya. Pada masa lalu, kultur kekerasan itu kuat. Di kampus, saat ospek, kultur itu kuat, apalagi di kalangan Akabri, salah sedikit dipukul,” tambah Usman.

Hal itu terus berlanjut, menurut Usman, karena tidak adanya pendidikan kebudayaan yang bisa mengarahkan pola pikir siswa.

“Jadi itu masih warisan. Kultur kekerasan dalam membangun komunikasi, menyelesaikan masalah, dan menghadapi orang yang berbeda pandangan, masih ada. Karena itu, masih perlu pendidikan kebudayaan, termasuk pendidikan etika.”



(Moh. Ilyas | Irman)
http://www.pelitaonline.com/read/pendidikan/nasional/21/7895/kekerasan-dalam-pendidikan-warisan-masa-lalu/